Macam-macam Tanaman Palawija

Kata palawija berasal dari bahasa sansejerta yang mempunyai arti tanaman kedua.maksud dari tnaman kedua yaitu tanaman pengganti padi.tanaman palawija biasanya ditanam setelan petani usai memanen padi ,tanaman palawija tidak harus setiap hari disiram .merawat tanaman palawija tidaklah sulit cukup dengan menjaga agar tidak terserang oleh hama maka tamanam palawija akan bertumbuh dngan baik.akan tetapi faktor kesuburan adalah salah satu faktor sebagai penentu hasil panen.tanaman palawija memiliki berbagai jenis.dan ada juga yang ditanam untuk menggantikan padi. Beberapa tanaman palawija antara lain sebagai berikut :


1. Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman palawija yang mengandung karbohidrat selain padi dan gandum.para petani memilih jagung untuk ditanam karena mudah untuk ditanam.jagung memerlukan sinar matahari langsung dan kadar air yng cukup agar dapt tumbuh dengn baik.

2. Kacang hijau

Kacang hijau adalh tamanan palawija yang favorit karena kacang hijau memiliki banyak manfaat dan juga nikmat untuk dikonsumsi .selain dimanfaatkan untuk diambil bijinya kacang hijau dibudidayakan sebagai sayuran tauge.protein yang terkandung dalam kacang hiaju cukup tinggi dan menjadi sumber penting antara fosfor dan kalium.dan kandungan lemak yang terkandung pada kacang hijau yaitu asam lemak tak jenuh.kacang hijau juga sering dijadikan bubur kacang hijau dan pastinya kita sering menjumpainya dan pasti semua orang mengetahuinya.

3. Kedelai

Kedelai termasuk kedalam jenis polong-polongan yang sering kita gunakan untuk berbagai bahan makanan seperti tahu,tempe,kecap,selain untuk bahan makanan kedelai juga bias diolah sebagai minuman yaitu susu kedelai. Manfaat kedelai terletakpada bijinya dan juga kedelai adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh penduduk Indonesia.

4. Singkong

Singkong adalah salah stu makanan yang dijadikan untuk bahan pokok makanan di berbagai daerah di Indonesia karena singkong sendiri mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi .pohon singkong memiliki tinggi 7 meter dan memiliki umbi yang banyak mengandung karbohidrat.

5. Mentimun

Mentimun juga bias disa disebut dengan ketimun jug termasuk kedalah tanaman palawija yang diambil buahnya.tumbuhan timun biasanya tumbuh merambat dan biasanya yang dipanen adalah buah mentimun yang masih muda . buah timun mudalah ini yang dijadikan sebagai minuman juga bias dijadikan sebagai sayuran .

0 Response to "Macam-macam Tanaman Palawija"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar Anda pada kolom komentar dibawah ini :