Efek Samping Memakai Softlens Terlalu Lama

Pasti sebagaian orang pernah memakai softlens. Kegunaan softlens sendiri beragam, mulai dari untuk memprindah penampilan hingga sampai alat bantu lihat. Untuk alat bantu lihat biasanya digunakan oleh orang yang memiliki mata minus. Softlens memang terbilang lebih praktis jika dibandingkan dengan kacamata. Selain praktis, harganya juga cukup terjangkau, sehingga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakannya.

Efek Samping Memakai Softlens Terlalu Lama


Sayangnya, dibalik cara penggunaanya yang praktis dan harganya yang murah terdapat bahaya yang mengintai kesehatan mata anda, jika anda menggunakan softlens terlalu lama. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena memang softlens memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan mata anda. Maka dari itu, anda perlu tau efek samping apa saja jika anda menggunakan softlens terlalu lama. Berikut efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan softlens terlalu lama. 


1. Infeksi pada mata 

Mata merupakan bagian tubuh manusia yang paling rentan terkena penyakit, salah satunya yaitu mudah terinfeksi. Infeksi pada mata biasanya serinbg dialami oleh orang yang gemar memakai softlens. Karena ada masanya kita lupa untuk memastikan apa tangan dan softlens yang kita gunakan sudah benar-benar steril dan aman digunakan. Selain itu, kita juga jarang memastikan kapan tanggal kadaluarsa softlens, jika anda memakai softlens yang sudah kadaluarsa ada kemungkinan besar anda akan terkena gangguan mata permanen. 


2. Mata terasa terbakar 

Jika anda menggunakan softlens terlalu lama pasti anda akan merasa mata anda panas seperti terbakar. Hal tersebut dapat terjadi pada saat kamu mencoba memakai softlens. Karena mata merupakan bagian organ tubuh yang paling sensitive. Saat kamu mencoba membuka mata dan menempel softlens pada mata, secara otomatis debu dan partikel kecil akan ikut masuk ke dalam mata. 


3. Mata kering 

Penggunaan soflens setiap hari ternyata dapat mengurangi produksi air pada mata, sehingga mata menjadi kering. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya penguapan air mata yang mengering, hal tersebut sangatlah lumrah dirasakan oleh penggunaan softlens. 


4. Alergi 

Pemakaian softlens yang terlalu sering ternyata dapat memicu terjadinya alergi pada mata. Beberapa orang pemakai softlens mungkin terkena alergi, tetapi tidak mengetahuinya. Alergi yang ditimbulkan oleh softlens biasanya ditandai dengan mata yang memerah, jika dibiarkan mata anda akan teriritasi.

0 Response to "Efek Samping Memakai Softlens Terlalu Lama"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar Anda pada kolom komentar dibawah ini :