Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Buah rambutan mempunyai nama latin Nephelium lappaceum. Buah rambutan ini merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Jika diperhatikan, buah rambutan sekilas mirip dengan buah leci. Warna kulit dan rasa buahnya yang membuat sekilas mirip, padahal pada kebenarnya buah rambutan dan buah leci sangatlah berbeda. Banyak orang yang belum tau kalau buah rambutan ini memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan


1. Kaya akan nutrisi dan antioksidan 

Buah rambutan kaya akan kandungan serat, mineral dan vitamin. Dilansir dari Heatline, setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahan kandungan serat yang terdapat pada buah rambutan setara dengan kandungan serat yang ada pada apel, jeruk, atau pir dalam jumlah yang sama. 

Manfaat lain dari buah rambutan yaitu dapat membantu untuk menyerap zat besi di dalam tubuh secara lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena buah rambutan kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas. Mengonsumsi 5-6 buah rambutan dalam sehari ternyata dapat memnuhi kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak antioksidaan yang masuk ke dalam tubuh, maka sel-sel yang ada di dalam tubuh akan semakin terlindungi dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

2. Melancarkan pencernaan 

Untuk anda yang mungkin sedang memiliki keluhan pencernaan atau merasakan sembelit ada baiknya mengonsumsi buah rambutan ini untuk membantu mengatasinya. Itu karena buah rambutan termasuk kedalam buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging rambutan mengandung serat yang tidak larut air. Maksudanya, jenis serat yang tidak mudah menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan. 

Sebagaian kandungan serat lainnya dalam buah rambutan yaitu serat larut air. Serat larut air akan menjadi makanan untuk usus sehingga usus akan menghasilkan asam lemak rantai pendek. Dan asam lemak pendek sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan yang terjadi pada usus. 

3. Membantu menurunkan berat badan 

Untuk anda yang ingin melangsingkan badan dengan cara yang sehat, ada baiknya anda mengonsumsi buah rambutan. Karena buah rambutan juga memiliki manfaat untuk meencegah terjadinya kenaikan berat badan sekaligus menurunkan berat badan. 

Setiap 100 gram daging rambutan memiliki kandungan 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah pada buah rambutan inilah yang tidak membuat anda gemuk meskipun mengonsumsi buah rambutan dalam jumlah banyak. 

Selain itu, kandungan serat larut airnya yang melimpah juga dapat membantu anda untuk memperlambat pencernaan dan penyerapa nutrisi dalam tubuh. Hanya dengan mengonsumsi buah rambutan dapat membantu anda untuk mengurangi nafsu makan.

0 Response to "Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar Anda pada kolom komentar dibawah ini :